Perkembangan IPTEK di Indonesia

Perkembangan IPTEK di Indonesia, kita semua tau bahwa perkembangan IPTEK di Indonesia sudah mulai mengikuti perkembangan di negara-negara lain, walaupun masih tergolong sangat jauh perkembangannya.

Seperti halnya di Negara Amerika, Rusia, China, mereka kini mulai memproduksi barang-barang yang sangat canggih, seperti Robot yang bisa melakukan pekerjaan manusia, serta dikembangakan juga Pembangkit Listri Tenaga Nuklir, yang kita tau manfaatnya begitu besar bagi kehidupan sehari-hari.

Perkembangan IPTEK di Indonesia telah berkembang pesat dan terus melaju kedepan, seperti penemuan teknologi Broadband, dan penemuan mesin pembunuh kangker. Sebagaimana kita tau bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang sangat ganas dan susah untuk disembuhkan.

Dari berbagai perkembangan IPTEK yang terjadi, itu semua merujuk pada tujuan utama yaitu perubahan kehidupan masa depan yang lebih baik, lebih efisien, lebih cepat dan aman.

Perkembangan IPTEK di Indonesia juga telah memberikan perubahan yang sangat menonjol terhadap aspek kehidupan, terkhusus dalam hal teknologi informasi seperti internet.

Dengan internet banyak orang yang berhasil sukses dengan waktu yang sangat singkat, karena didalam internet telah tersedia berbagai macam informasi, yang dibutuhkan untuk menyokong terwujudnya cita-cita kita.

Pengertian IPTEK

pengertian iptek
platinaline.com

Kata IPTEK, terdiri dari 5 (lima) huruf,  I = Ilmu, P = Pengetahuan, TE = Teknologi, dan K = adalah Komunikasi. Jadi IPTEK adalah suatu pemahaman mengenai sebuah pengetahuan di bidang teknologi dan informasi, baik informasi yang bersifat baru diciptakan atau yang sudah ada dari sebelumnya.

Itulah Pengertian IPTEK menurut saya pribadi, untuk lebih jelasnya akan saya sertakan berbagai definisi IPTEK menurut beberapa ahli. Berikut ulasannya :

Pengertian IPTEK Menurut para Ahli

Para ahli telah mendefinisikan IPTEK menurut pandangan mereka masing-masing, diantaranya :

A. Naisbit

Tahun 2002 beliau pengertian IPTEK dari Random House Dictionary, ia berkata bahwa teknologi merupakan sebuah benda, objek, bahan, dan juga wujud yang berbeda dibandingkan dengan manusia biasa.

B. Merriam Webster

Merriam Webster merupakan sebuah kamus yang banyak digunakan sebagai referensi ilmu, didalamnya disebutkan bahwa teknologi merupakan aplikasi/penerapan dari sebuah ilmu pengetahuan secara praktis, praktis ini terkadang lebih dijerumuskan kepada ruang lingkup tertentu.

C. Kamus Besar Bahasa Indonesia

KBBI menyebutkan bahwa teknologi merupakan suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan menjadi salah satu ilmu pengetahuan terapan.

Dikatakan juga merupakan suatu keseluruhan sarana untuk menyediakan barang yang diperlukan untuk kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

D. Elul

Dalam Miarso, 2007 mengatakan bahwa teknologi merupakan keseluruhan dari metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri yang efisien dalam setiap bidang kegiatan manusia.

E. Saliman dan Sudarsono (1993)

Mereka mengatakan bahwa teknologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pembangunan dan juga industri.

F. Toynbee (2004)

Beliau mengatakan teknologi merupakan ciri dari adanya sebuah kemuliaan manusia, dimana hal ini membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya dengan makan, namun mereka butuh lebih dari itu, ia juga mengemukakan bahwa teknologi juga bisa menjadi konstituen non material dari sebuah kehidupan yang dimiliki oleh manusia, yaitu perasaan, ide, intuisi dan pemikiran.

Dan hal ini sekaligus menjadi bukti akan sebuah manifestasi dari kecerdasan manusia.

G. Roger 1994

Roger mengutip sebuah buku yang dikeluarkan oleh Seels dan Richey pada tahun 1994, menerangkan bahwa teknologi adalah rancangan dari langkah instrumental untuk memperkecil keraguan terhadap hubungan sebab akibat dalam mencapai sebuah hasil yang sudah direncanakan.

Selanjutnya kita akan membahas, mengenai perkembangan IPTEK pada era 20-an

Perkembangan IPTEK Abad -20

Teknologi, merupakan barang yang selalu melekat pada setiap aktivitas kita. Kata teknologi berasal dari bahasa yunani yaitu Tekne yang berarti pekerjaan, dan Logos berarti peralatan, prosedur dan metode yang digunakan dari berbagai cabang industri.

Menurut Prayitni dalam Ilyas (2001) Teknologi merupakan seluruh perangkat, ide, metode, teknik benda-benda material, yang digunakan dalam kurun waktu dan tempat tertentu yang mampu memenuhi segala kebutuhan manusia.

Berikut ini beberapa perkembangan teknologi pada era 20-an.

A. Laser

laser
wired.com

Sinar Laser atau Light Amplication by Stimulated Emmision of Radiation ( penguatan cahaya melalui emisi radiasi yang dirancang). Sinar laser ini telah banyak dipergunakan dalam dunia kedokteran sebagai alat pemotong/operasi micro.

Teori dasar dari laser ini telah ditemukan oleh Albeirt Einstein tahun 1917. Dan pada tahun 1951 ada seorang ahli fisika yang berasal dari Amerika, kemudian dia melakukan eksperimen dengan menggunakan gelombang mikro sebagai energi yang diperkuat.

B. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

pembangkit listrik tenaga nuklir
pixabay.com

Nuklir pertama kali digunakan sebagai senjata untuk pengeboman atom di Nagasaki dan Hirosima, sebagaimana kita tahu bahwa itulah kerusakan terbesar dalam sejarah jepang.

Setelah nuklir digunakan sebagai senjata oleh amerika, kemudian mereka mulai membangun reaktor-nuklir pembangkit listrik/ pembangkit listrik bertenaga nuklir pada tahun 1951.

C. Satelit Komunikasi

satelit bulan
pixabay.com

Satelit komunikasi merupakan temuan yang bisa dibilang memiliki pengaruh yang besar hingga sekarang, karena telah membuat komunikasi global menjadi mayoritas/ sering dijumpai, seperti radio dan tv satelit kala pertama diluncurkan pada tahun 1957. Kemudian NASA meluncurkan satelit komunikasi komersial pertama kali, dengan nama Telstar I pada tahun 1962.

D. Serat Optik

serat optik
emo.org.tr

Serat Optik adalah alat untuk membengkokan jalannya cahaya, dengan ini kita bisa mengatur jalannya cahaya menjadi lebih fleksibel dibanding sebelumnya yang hanya merambat lurus. Kemudian pada tahun 1962 Serat Optik mulai diimplementasikan untuk mengirim telex, telepon, dan sinyal televisi kabel.

Demikianlah beberapa perkembang Iptek pada era 20-an.

Baca Juga (Pengertian Globalisasi Lengkap | menurut 25 ahli, ciri-ciri, dan Faktor Penyebab)

Dampak Perkembangan IPTEK di Indonesia

Berbagai bidang di Indonesia telah mengalami perkembangan IPTEK seperti halnya dengan negara-negara tetangga, karena derasnya arus globalisasi membuat IPTEK di Indonesia sulit untuk dibendung, semua tergantung dari pribadi kita masing-masing.

Bagaimana cara kita untuk memenejemen hal-hal yang masuk/ dampak dari globalisasi. Jika kita pandai dalam penyaringannya, maka kita akan selamat. Tetapi jika kita hanya mengikuti alur masuknya globalisasi, maka kita akan diperbudak oleh globalisasi.

Berikut beberapa perkembangan IPTEK di Indonesia :

Dalam Bidang Politik

a) Timbul kelas menengah baru yang akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar.

b) Proses regenerasi pemimpin yang akan berdampak pada substansi politik yang diterapkan, sehingga kebebasan dan persamaan semakin kental.

Dalam bidang Pendidikan

a) Munculnya media massa, seperti media massa elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.

b) Terdapat sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemanfaatan teknologi.

Dalam Bidang Sosial Budaya

a) Meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa yang akan menjadi semakin kokoh.

b) Tekanan serta kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun serta pekerja keras.

Dalam Bidang Ekonomi dan Industri]

a) Pertumbuhan ekonomi semakin tinggi

b) Produktivitas di bidang industri menjadi meningkat

c) Akan menuntut para pekerja untuk selalu menambah keahlian dan pengetahuan yang dimilikinya.

Informasi dan Komunikasi

a) kita akan lebih cepat menerima informasi dari segala penjuru dunia melalui internet

b) Dapat melakukan komunikasi dengan kerabat yang posisinya sangat jauh dengan kita

c) Mendapatkan pelayanan Bank dengan sangat baik dan tanpa ribet.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *