Metode Sterilisasi dalam Ilmu Kedokteran

Metode sterilisasi, -Dalam dunia kedokteran, istilah sterilisasi merupakan hal yang sudah melekat dalam aktifitas sehari-hari. Sterilisasi sendiri merupakan suatu proses /upaya menghilangkan semua jenis organisme hidup, organisme ini berupa microorganisme (protzoa, fungsi, bakteri, mycoplasma, virus) yang mendiami suatu benda.

Tahapan sterilisasi ini membutuhkan aplikasi biocidal agent dengan bertujuan untuk membunuh atau menghilangkan mikroorganisme.

Mengapa dibutuhkan sterilisasi?

Bukan tanpa maksud, sterilisasi memanglah memiliki beberapa tujuan, diantaranya :

  1. Menyiapkan peralatan kedokteran dan perawatan dalam keadaan siap pakai, sehingga dapat digunakan sewaktu-waktu.
  2. Peralatan tidak gampang rusak
  3. Menjamin kebersihan Alat
  4. Mencegah terjadinya infeksi silang
  5. Menetapkan produk akhir dinyatakan sudah steril dan aman digunakan oleh calon pasien.

metode sterilisasi

metode sterilisasi

Setelah kita tau akan pentingnya tujuan diadakannya sterilisasi, kita akan kupas lebih dalam mengenai metode /cara yang digunakan untuk membantu proses sterilisasi.

Metode sterilisasi ada bermacam – macam, namun semuanya tidak bisa kita gunakan untuk mensterilkan satu benda yang sama. Penggunaan metode tersebut hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan juga benda yang akan kita sterilkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, sekarang akan kita bahas beberapa macam metode sterilisasi yang banyak digunakan di berbagai kebutuhan.

Secara umum sterilisasi mengandung pengertian kegiatan yang bertujuan untuk menghilangkan mikro organisme yang menempel pada benda dengan menggunakan metode tertentu. Nah, metode inilah yang bermacam – macam. Berikut ini beberapa metode sterilisasi yang dikenal dan digunakan hingga saat ini.

Metode Sterilisasi Secara Fisik

Metode sterilisasi ada bermacam – macam, namun semuanya tidak bisa kita gunakan untuk mensterilkan satu benda yang sama. Penggunaan metode tersebut hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan juga benda yang akan kita sterilkan. Untuk mengetahui lebih lanjut, sekarang akan kita bahas beberapa macam metode sterilisasi yang banyak digunakan di berbagai kebutuhan. Secara umum sterilisasi mengandung pengertian kegiatan yang bertujuan untuk menghilangkan mikro organisme yang menempel pada benda dengan menggunakan metode tertentu. Nah, metode inilah yang bermacam – macam. Berikut ini beberapa metode sterilisasi yang dikenal dan digunakan hingga saat ini. Metode Sterilisasi Secara Fisik Metode ini digunakan untuk mensterilkan benda – benda padat seperti botol, peralatan medis, alat laboratorium, media kultur jaringan dan lain sebagainya. Metode fisik terdiri dari beberapa proses diantaranya sebagai berikut : • Metode Panas Kering Metode ini juga sering disebut dengan metode oven. Hal ini karena alat yang digunakan hampir mirip dengan prinsip kerja oven. Yaitu menggunakan alat yang sering disebut dengan sterilisator kering. Sebuah box yang dilengkapi dengan elemen pemanas berupa pancaran sinar infra merah dengan suhu tinggi. • Panas Uap Selain metode panas kering, ternyata ada juga metode panas basah yaitu menggunakan uap. Proses ini mirip seperti kita mengukus, yaitu memanaskan benda – benda yang akan disterilkan menggunakan uap panas. Namun dalam hal ini kita menggunakan alat yang sering disebut dengan Autoclave. Alat ini banyak digunakan untuk mensterilkan alat – alat medis dan juga alat laboratorium. Sekarang ini, sudah banyak sekali distributor alat medis yang jual autoclave untuk kebutuhan rumah sakit atau klinik. Metode Kimiawi Berbeeda dengan metode fisik, metode kimiawi yaitu identik dengan menggunakan bahan – bahan kimia sebagai sterilisatornya. Sterilisasi dengan metode ini biasanya menggunakan gas dan juga bahan antiseptic. Seperti dalam proses sterilisasi alat medis, sebelum dilakukan sterilisasi dengan metode fisik (pemanasan) alat medis terlebih dahulu dibersihkan dan disterilkan secara kimia menggunakan bahan desifektan. Sterilisasi Dengan Metode Mekanik Selain dua metode sterilisasi yang sudah kita jabarkan diatas, ada juga metode lain dalam proses sterilisasi yaitu metode mekanik. Metode ini digunakan untuk mensterilkan cairan atau larutan. Metode ini bekerja dengan menggunakan filter mikro yang sangat kecil untuk menyaring cairan tersebut dari mikro organisme yang terdapat di dalamnya. Itu sebabnya, proses sterilisasi harus dilakukan sesuai dengan benda yang disterilkan. Nah, itulah bahasan singkat mengenai beberapa macam metode sterilisasi yang digunakan hingga saat ini. Tentu ada metode lain yang juga digunakan dan tidak kami bahas di sini seperti metode boile, metode pemijaran langsung dan lainnya. Mudah – mudahan artikel singkat ini dapat menambah wawasan kita tentang sterilisasi, sekian, semoga bermanfaat !

Metode ini digunakan untuk mensterilkan benda – benda padat seperti botol, peralatan medis, alat laboratorium, media kultur jaringan dan lain sebagainya. Metode fisik terdiri dari beberapa proses diantaranya sebagai berikut :

1) Metode Sterilisasi Panas Kering

Metode ini juga sering disebut dengan metode oven. Hal ini karena alat yang digunakan hampir mirip dengan prinsip kerja oven. Yaitu menggunakan alat yang sering disebut dengan sterilisator kering. Sebuah box yang dilengkapi dengan elemen pemanas berupa pancaran sinar infra merah dengan suhu tinggi.

2) Panas Uap

metode sterilisasi

Selain metode panas kering, ternyata ada juga metode panas basah yaitu menggunakan uap. Proses ini mirip seperti kita mengukus, yaitu memanaskan benda – benda yang akan disterilkan menggunakan uap panas. Namun dalam hal ini kita menggunakan alat yang sering disebut dengan Autoclave. Alat ini banyak digunakan untuk mensterilkan alat – alat medis dan juga alat laboratorium.

Sekarang ini, sudah banyak sekali distributor alat medis yang jual autoclave untuk kebutuhan rumah sakit atau klinik.

Sterilisasi Kimiawi

metode sterilisasi

Berbeeda dengan metode fisik, metode kimiawi yaitu identik dengan menggunakan bahan – bahan kimia sebagai sterilisatornya. Sterilisasi dengan metode ini biasanya menggunakan gas dan juga bahan antiseptic. Seperti dalam proses sterilisasi alat medis, sebelum dilakukan sterilisasi dengan metode fisik (pemanasan) alat medis terlebih dahulu dibersihkan dan disterilkan secara kimia menggunakan bahan desifektan.

Sterilisasi dengan Mekanik

metode sterilisasi

Selain dua metode sterilisasi yang sudah kita jabarkan diatas, ada juga metode lain dalam proses sterilisasi yaitu metode mekanik. Metode ini digunakan untuk mensterilkan cairan atau larutan.

Metode ini bekerja dengan menggunakan filter mikro yang sangat kecil untuk menyaring cairan tersebut dari mikro organisme yang terdapat di dalamnya. Itu sebabnya, proses sterilisasi harus dilakukan sesuai dengan benda yang disterilkan.

Nah, itulah bahasan singkat mengenai beberapa macam metode sterilisasi yang digunakan hingga saat ini. Tentu ada metode lain yang juga digunakan dan tidak kami bahas di sini seperti metode boile, metode pemijaran langsung dan lainnya.

Mudah – mudahan artikel singkat ini dapat menambah wawasan kita tentang sterilisasi, sekian, semoga bermanfaat !

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *