Mengenal Lebih Dalam Tentang Manfaat Kurma Ajwa

Kurma Ajwa, siapa sih yang tidak mengenal buah yang satu ini. Buah yang memiliki tekstur, rasa dan ciri yang unik menjadikan dia favorit bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua bahkan kakek-nenek sekalipun. Mengapa sampai banyak orang yang menyukainya…??? Hal ini disebabkan oleh adanya jutaan manfaat kurma ajwa sendiri.

Maka tidak heran jika harga yang ditawarkan untuk Kurma Ajwa cenderung mahal.

Selain ditinjau dalam segi manfaat, buah kurma ini juga menjadi buah yang disukai oleh Rosulullah SAW (manusia panutan seluruh umat), terlebih jika kita mengkonsumsinya selain mendapat jutaan manfaat kurma ajwa, sekaligus kita menjalankan sunnah Rosul kita Muhammad SAW, karena buah ini menjadi buah kesukaan Beliau.

Terlepas dari hal diatas, taukah anda mengenai sejarah kurma ajwa.

Kebanyakan dari kita tidak terlalu memperhatikan hal tersebut, padahal hal ini bisa disebut sebagai salah satu hal yang penting.

Untuk itu akan sedikit saya paparkan mengenai sejarah Kurma Ajwa, berikut ulasannya :

Sejarah Kurma Ajwa

manfaat kurma ajwa, ciri kurma ajwa, sejarah kurma ajwa

Daerah Timur Tengah atau tepatnya Jazirah Arab dan Afrika Utara merupakan asal dari buah kurma ini. Buah kurma ini memiliki pohon yang berjeniskan palem (palma), pohon ini lebih dominan tumbuh pada daerah yang memiliki kelembaban rendah dan udara yang cenderung kering, seperti daerah gurun.

Namun seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi, membuat pohon kurma ini sudah mulai tersebar di daerah yang berkondisikan tropis, contohnya di Indonesia.

Sebagaimana yang pernah disampaikan oleh baginda Rosul kita Muhammad SAW tentang perkembangan peradaban di dunia kepada salah seorang petani kurma yang berada di Madinah, Beliau bersabda :

Wa Antum A’lamu biAmri Dun yaakum” (Dan kamu lebih mengetahui urusan duniamu”

Di Indonesia sendiri pohon kurma sudah mampu tumbuh dan berbuah dengan lebat, dan juga rasa yang dihasilkannya sama seperti yang berada pada daerah aslinya, yaitu daerah Jazirah Arab.

Ditinjau dalam mata dunia, terdapat banyak sekali jenis dan macam dari kurma, namaun perlu kita ketahui bahwa, dari sekian banyak hanya ada satu yang istimewa, itulah Kurma Ajwa.

Mengapa Kurma Ajwa bisa dikatakan kurma yang istimewa…?

Karena Kurma Ajwa merupakan jenis kurma yang langsung ditanam oleh Nabi Muhammad SAW pada waktu 1400 tahun lalu, beliau menanamnya di sekitar masjid Quba’ di Kawasan Madianah Al-Mukarromah.

Terlebih buah kurma ini merupakan buah yang berasal dari Surga.

Sebagaimana Hadist berikut ini

اَلْعَجْوَةُ مِنَ الْجَنَّةِ، وَهِيَ شِفَاءٌ مِنَ السُّمِّ

“Kurma Ajwah itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun”

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi wikipedia.

Asal Usul Penamaan Kurma Ajwa

Awal mula penamaan Kurma Ajwa berasal dari sebuah kejadian dimana ada seorang penduduk yang baru masuk Islam, Salman Al-Farisi namanya.

Ketika Salman Al-Farisi masuk Islam, dia telah mewakafkan kebun kurma yang dia miliki guna menambah perjuangan dan penyebaran Islam kala itu.

Kemudian Rosullullah pun menghargai pengorbanan yang dilakukan Salman Al-Farisi, lalu diambillah nama dari salah satu putra Salman Al-Farisi menjadi nama kurma yang ditanamnya di kota Madinah. Sejak saat itu, Pohon Kurma tersebut dinamakan sebagai Kurma Ajwa.

Setelah kita mengetahui sejarah mengenai Kurma Ajwa, ada baiknya kita juga mengupasnya lebih dalam lagi, berikut ini beberapa kandungan yang terdapat dalam Kurma Ajwa.

Kandungan Kurma Ajwa

manfaat kurma ajwa, ciri kurma ajwa, sejarah kurma ajwa

 

Didalam penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan terpercaya Kurma Ajwa memiliki berbagai kandungan, diantaranya :

* Kaya akan protein ( protein yang terkandung didalamnya berkisar 1.8-2.0 %)

* Serat (berkisar 2.0 -4.0%)

* Gula (50-70% glukosa)

* Vitamin A dan C

* Kaya mineral, berupa zat besi, kalsium, sodium, dan porasium

Ciri-Ciri Kurma Ajwa Asli

Ketika kita hendak mencari atau membeli di toko Kurma Ajwa, sudah seharusnya kita mempertimbangkan keaslian dari kurma tersebut, karena jaman sekarang banyak sekali orang yang menjual bebas Kurma Ajwa tanpa memperhitungkan kelayakan dan keasliannya.

Untuk itu akan saya bagikan cara mengetahui/ ciri-ciri Kurma ajwa yang Asli, agar anda tidak lagi tertipu oleh para penjual Kurma Ajwa palsu. Berikut ulasannya :

  • Rasa

Umumnya kurma memiliki rasa manis yang sangat melekat, namun hal ini berbeda halnya dengan kurma Ajwa, kurm yang satu ini cenderung memiliki rasa manis yang kurang sempurna.

Jadi hal inilah yang membuat anda semakin ketagiha, karena tidak membuat anda merasa mual / enek, cocok untuk anda yang kurang suka dengan manis yang berlebih.

Untuk itu, ketika anda menjumpai pedagang yang menjual kurma Ajwa dengan rasa yang menyengat, maka hal itu perlu dipertanyakan keasliannya.

Jadi, jika anda berniat membeli Kurma Ajwa, pilihlah tempat yang terpercaya dan terjamin keaslianya. Contohnya disini

  • Harga

Dalam segi harga, riset telah membuktikan bahwa diantara bermacam jenis kurma, Kurma Ajwalah yang memiliki kekudukan dengan harga jual yang tinggi, berbeda dengan harga jual kurma lain pada umumnya.

Untuk itu harga yang dibandrol dari Kurma Ajwa sendiri berkisar 300 – 400 ribu perkilonya.

  • Tampilan

Bentuk fisik, terutama pada bagian kulinya memiliki keunikan tersendiri.

Kurma Ajwa memiliki warna hitam pekat, serta pada bagian kulitnya terdapat garis-garis yang menyerupai tulisan kaligrafi, dan lagi ukuran dari Kurma Ajwa cenderung lebih kecil dari ukuran kurma pada umunya.

Manfaat Kurma Ajwa

manfaat kurma ajwa, ciri kurma ajwa, sejarah kurma ajwa

Seperti yang saya singgung diatas, Kurma Ajwa mimiliki berbagai manfaat, itu disebabkan karena kurma ini merupakan kurma surga. Dari banyaknya manfaat yang ada, akan saya kupas satu persatu. berikut ulasan lengkapnya :

Manfaat Kurma Ajwa Sebagai Penangkal Sihir dan Racun

Pernahkah kalian mendengar istilah santet, pelet, dan guna-guna, semua istilah ini dalam ajaran Islam dikenal dengan sebutan sihir.

Sihir telah ada sejak zaman dahulu, bahkan sebulum Rosulullah SAW ada, kemudian pada masa Rosulullah, untuk menanggulangi akan bahayanya sihir.

Rosulullah SAW menganjurkan untuk mengkonsumsi Kurma, karena kandungan yang terdapat dalam kurma mampumenangkal adanya ganguan sihir ataupun racun.

Sebagaimana telah disampaikan oleh Rosulullah melalui hadisnya :

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir”

Mengapa bisa demikian, karena keberkahan do’a dari Rosulullah SAW.

Manfaat Kurma Ajwa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

manfaat kurma ajwa, ciri kurma ajwa, sejarah kurma ajwa
ndika.net

Ada beberapa manfaat yang terdapat pada kurma untuk para Ibu yang mengandung, diantaranya :

  • Kalsium yang terkandung dalam buah kurma akam membantu ibu saat mengandung, dengan ini membuat tulang dan gigi calom bayi menjadi kuat.
  • Zat besi dan Vit B, berperan sebagai proses penbentukan sel darah merah, sehingga menanggulangi terjadinya anemia.
  • Tanin, Berfungsi sebagai anti infeksi pada tubuh calon Ibu.
  • Karbohidrat, membantu dalam memberikan kekuatan ketika proses persalinan dimulai.
  • Hormon Oksitoksin, untuk melancarkan proses persalinan.
  • Melancarkan, meningkatkan dan memperbanyak produktivitas asi sanga Ibu

Manfaat Kurma Ajwa Bagi Anak

  • Pertumbuhan anak menjadi lebih cepat
  • Meningkatkan saraf berfikir anak
  • Sum-sum tulang yang terdapat pada anak, akan berfungsi dengan baik

Manfaat Kurma Ajwa Bagi Organ Dalam

manfaat kurma ajwa, ciri kurma ajwa, sejarah kurma ajwa
ndika.net
  • Melindungi usus dari bakteri dan penyakit
  • Mengobati penyakit jantung dan kangker
  • Mengatasi penyakit maag
  • Mengatasi penyakit diabetes
  • Kandungan potassium yang ada pada kurma akan membantu melancarkan pencernaan

Baca juga referensi yang biasa menjadi kutipan kami, thebirdnature.com. Anda akan dapat ilmu dan wawasan baru bila mau dan rajin membaca artikel-artikel di dalamnya.

Manfaat Kurma Ajwa Bagi Tulang

  • Mengjaga kesehatan tulang
  • Mencegah terserangnya penyakit osteoporosis.

Alhamdulillah, kita sudah selesai belajar lebih dalam, serta mengenal lebih lanjut masalah kurma dan khasiat-khasiatnya, untuk itu kami menyarankan kepada anda untuk senantiasa mengkonsumsi buah kurma ini, terutama Kurma Ajwa.

Dan jika anda mencari toko kurma terpercaya dan terjamin keasliannya, silahkan klik disini.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *