Konsumsi Daun Bidara Dijamin Anda Terhindar Penyakit Ini

Memang sih, di dunia ini banyak tanaman yang bisa kita manfaatkan. Entah sebagai obat-obatan atau hanya sebagai hiasan guna mempercantik halaman rumah. Kali ini saya akan membahas mengenai bidara, mulai dari nama-nama bidara, jenis-jenis bidara, cara menanam bidara, manfaat daun bidara, hingga pohon bidara yang sering diperjual belikan termasuk harga pohon bidaranya.

Kita mulai saja pembahasan mengenai bidaranya, silahkan disimak :

Sebutan Pohon Bidara di Berbagai Belahan Dunia

Ternyata dalam masing-masing daerah menyebut pohon bidara dengan panggilan yang beragam, seperti dibawah ini :

  1. a) Nama latin : dikenal dengan sebutan Ziziphus mauritiana
    b) Negara Arab : Sidr
    c) Perancis : Jujubier
    d) Inggris : Jujube, Indian Jujube, Indian Plum, Chines Apple
    e) Thailand : Phutsaa, Ma tan
    f) Vietnam : Tao, Tao nhuc
    g) Laos : Than
    h) Kamboja :  Putrea
    i) Burma : Zee-pen
    j) Filiphina : Manzanitas
    k) Malaysia : Bidara, Jujub, Epal siam
    l) Sumba : Kalangga
    m) Bima : Rangga
    n) Bugis : Bidara
    o) Makasar : Bidara
    p) Alor : Bedara
    q) Timor : Kom, Kon
    r) Rote : kok
    s) Pulau Sawu : Ko
    t) Bali : Bekul
    u) Madura : Bukol
    v) Sunda : Widara, Dara
    w) Jawa : Widara, Dara

Manfaat Bidara

jual pohon bidara, manfaat bidara, khasiat bidara,
ndika.net

Pohon bidara merupakan pohon yang memiliki banyak manfaat mulai dari daun, buah, hingga pohonnya sendiri. Berikut ini pembahasan lengkap mengenai khasiat bidara :

Manfaat Daun Bidara

Manfaat daun bidara dapat ditinjau dalan 2 sudut pandang, yaitu dalam sudut pandang islam dan Medis. Berikut uraiannya :

#Pandangan Islam

Manfaat daun bidara dalam sudut pandang islam ada beberapa hal, berikut ulasannya :

1. Memandikan Jenazah

manfaat daun bidara

Hadist Rosulullah sudah jelas menerangkan bahwa selain daun bidara digunakan untuk mandi seperti biasa, itu juga berfungsi untuk memandikan jenazah. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslin.

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

Yang artinya “Mandikanlah sambil mengguyurkan air yang sudah tercampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu, jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus atau wewangian.” {HR. Bukhari dan Muslim}.

Hadis diatas merupakan hadist yanga shohih, untuk itu sudah jelas dan tidak perlu untuk dibantah perihal memandikan jenazah dengan daun bidara. Karena itu semua sesuai dengan sunnah Rasulullah.

2. Mengatasi Gangguan Jin dan Sihir

manfaat daun bidara

Dijaman yang serba modern ini, mayoritas dari penduduk dunia tidak lagi mempercayai perihal sihir dan jin. Namun hal ini tidak bisa dipukul secara merata, pasalnya ada sebagian orang justru menggunakan media jin dan sihir untuk kepentingan mereka.

Ada yang menggunakan sihir dan jin untuk : memperkaya harta, untuk mendapatkan jodoh, mengirim guna-guna kepada seseorang, ilmu kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada dasarnya inilah fungsi pokok dari bidara, bidara mampu mencegah dan mengobati orang-orang yang terkena jeratan sihir maupun gangguan dari jin.

Orang yang terkena gangguan jin dan sihir dapat diobati dengan menggunakan pengobatan (Tibbun Nabawi) yaitu dengan meruqyah.

Cara mengobatinya yaitu dengan mengambil beberapa daun bidara, kemudian dimasukkan kecalam segelas air yang sudah bibacakan ayat-ayat ruqyah oleh Ustadz.

Selanjutnya air tersebut diminumkan kepada pasien yang terkena gangguan sihir/ jin. Dengan izin Allah, jin yang melekat pada pasien bisa sembuh.

Berikut Hadist yang memaparkan perihal permasalahan diatas :

وكذا رَقَيْتُ على بعض الأقارب أو الأحباب الذين حبسوا عن نسائهم ، بما ذكره ابن كثير من ورقات السدر ، وقراءة الآيات التي ذكرها ، فوقع الشفاء بإذن الله

“Demikian pula, saya pernah meruqyah anggota keluarga dan orang-orang dekat saya yang tidak bisa melakukan hubungan dengan istrinya karena sihir. Saya ruqyah dengan menggunakan beberapa lembar daun bidara seperti yang disebutkan Ibnu Katsir, dan membacakan beberapa ayat al-Quran, dan dengan izin Allah, sembuh”. (as-Shawaiq al-Mursalah fi at-Tashaddi lil Musya’widzin wa as-Saharah)

3. Mengusir Setan dan Jin dari Rumah Angker

manfaat daun bidara

Tahukah anda penyebab rumah menjadi angker?

Perlu kita ketahui bahwa penyebab rumah menjadi angker adalah : sering ditinggal bepergian oleh pemiliknya dalam kurun waktu yang lama (hingga bertahun-tahun), dan jarang sekali dibacakan lantunan ayat suci Al-Qur’an.

Lantas bagaimana cara mengusir/ membersihkan rumah dari jin dan setan?

Cara mengusir jin tersebut yaitu dengan rajin-rajin membacakan surah Al-Baqoroh (terkhusus pada ruangan yang sering terjadi keanehan), selain itu dapat juga denga menggunakan daun bidara yang telah dicampurkan kedalam air yang telah dibacakan do’a ruqyah.

Selanjutnya air tersebut di siramkan/ dipercikkan kesudut-sudut rumah.

Jika anda hendak mencari pohon bidara arab asli (sidr), bisa melalui kontak kami : 085745537114, atau anda bisa klik di sini.

#Medis

1. Dapat mengatasi kulit kering

manfaat daun bidara

Kebanyakan dari kita memiliki jenis kulit yang mudah sekali kering, sehingga membuat kita merasa kurang percaya diri ketika bepergian, karena terlihat kusam serta tidak dirawat. Itulah salah satu fugsi dari daun bidara.

Anda bisa mengunakan daun bidara ini sebagai masker, caranya : Petik beberapa daun bidara yang masih segar (kurang lebih 7 daun), kemudian haluskan. Atau jika kamu tidak ingin ribet-ribet memetik dan menghaluskannya, kamu bisa membelinya di toko online, disana sudah banyak yang menyediakan serbuk bidara.

Setelah daun bidara tersebut halus, kemudian campurkan dengan sedikit air (seperti membuat masker pada umumnya) selain dengan air kamu juga dapat mencampurkan madu maupun perasan lemon.

Kemudian Lulurkan pada permukaan wajah, tangan, dan kaki. Diamkan selama beberapa menit, baru bersihkan dan bilas menggunakan air hangat. Ingat, lakukan hal seperti ini agar kamu memperoleh hasil yang maksimal.

2. Mencegah Bakteri dan Virus

manfaat daun bidara

Telah dibuktikan oleh para peneliti bahwa daun bidara mampu menangkal virus dan bakteri yang mengganggu sistem dalam tubuh

3. Kecantikan

manfaat daun bidara

 

Sebenarnya daun bidara sudah lama sekali ada, seperti pada era China kuno. Mereka sudah mulai menggunakan daun bidara sebagai media untuk mempercantik diri, khususnya untuk perawatan wajah dari jerawat, penuaan dini, keriput, serta lingkaran hitam yang timbul di bagian bawah mata.

Mereka menggunakannya sebagai masker, untu cara membuatnya sama seperti yang saya jelaskan diatas.

4. Obat Luka Bakar

manfaat daun bidara

Pernahkan kamu terkena luka bakar?

Kalau saya sih pernah, jika kamu mengalami luka bakar maka hal ini pantas untuk kamu coba. Pertama, perlu kamu ketahui bahwa didalam daun bidara mengandung senyawa yang dapat mencegah luka bakar membekas pada kulit.

Cara mengobatinya yaitu : petik daun bidra segar, lalu tumbuk (tapi jangan terlalu halus) kemudian beri sedikit air, setelahnya tempelkan kebagian kulit yang terkena luka bakar. Rasa yang ditimbulkan tidak perih, jadi aman untuk dipraktekan pada anak-anak.

5. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

manfaat daun bidara

Yang pasti seumur hidup kita pernah lah mendapatkan luka, entah itu hanya lecet, tergores, maupun luka akhibat terjatuh.

Mengapa daun bidara dapat mempercepat proses penyembuhan?

Hal itu karena didalam daun bidara terdapat sebuah senyawa anti Inflamasi yang memberikan efek mempercepat proses penyembuhan luka.

Caranya :

Siapkan sebuk bidara, jika tidak punya ambil beberapa daun bidara yang sudah kering.
b. Tumbuk hingga halus, lalu campurkan sedikit air hingga menjadi seperti pasta.
c. Setelahnya oleskan secara merata pada bagian yang luka.

6. Mengatasi Keputihan Pada Wanita

manfaat daun bidara

Khasiat yang ada dalam daun bidara mampu menangkal bakteri jamur yang berada pada area miss V. Dan jamur merupakan penyebab utama keputihan, serta dapat mengganggu kesehatan pada tubuh.

7. Melancarkan Haid

manfaat daun bidara

Bangun kebiasaan kamu dengan rajin mengkonsumsi daun bidara, karena mampu menyeimbangkan hormone dengannya haid kamu jadi lancar kembali.

8. Mulut Sehat

manfaat daun bidara

Dicuaca yang panas seperti sekarang ini seringkali bibir kita pecah pecah, kemudian disusul dengan adanya sariawan. Solusinya yaitu daun bidara ini, daun ini mampu menjaga mulut dari serangan berbagai macam infeksi.

9. Menyehatkan Lambung

manfaat daun bidara

Pernah tidak lambungmu merasa perih tak tertahankan?

Jika pernah, itulah yang dinamakan sakit maag. Penyakit ini memang sangat merepotkan, terlebih jika kambuh didalam sela-sela kegiatan kita, seperti saat bekerja.

Namun, inilah salah satu kegunaan dari daun bidara. Kamu bisa mengkonsumsi daun bidara, kan sekarang sudah banyak dipasaran toko-toko yang menyediakan teh bidara. Khasiat yang terkandung membuat efek dingan dan menenangkan, sehingga lambung merasa tidak perih lagi.

10. Obat Penurun Panas

manfaat daun bidara

Ketika kita atau mungkin keluarga sedang terkena demam, maka minumkanlah daun bidara (teh bidara). karena khasiat daun bidara mampu meredam serta menurunkan kadar suhu tubuh, yang sebelumnya panas berangsur membaik seperti suhu normal. Itulah keajaiban dari bidara.

Namun terlepas dari itu, semua harus disertai dengan berdo’a dan memohon kesembuhan dari Allah. Karena segala sesuatu datangnya dari Allah , entah itu berupa penyakit maupun obatnya. Yang terpenting sertakan Allah dalam setiap aktivitasmu, ketika Allah ridho dengan apa yang kamu kerjakan, insyaalah semua akan menjadi mudah.

Jangankan kita meminta kesembuhan, minta naik haji-pun jika Allah meridhoi pasti akan terkabul (Aminnn).

11. Mengobati Penyakit Kanker dan Tumor

manfaat daun bidara

Sebelumnya, taukah kalian mengenai penyakit ini?

Saya pikir semua sudah tidak asing lagi dengan penyakit ini, penyakit ini merupakan penyebab sebagian besar orang meninggal. Karena berbahanya penyakit ini pengobatan yang digunakan sebagai penawarnya tergolong sangat mahal.

Selain mahal, pengobatan tersebut juga memiliki efek samping (iya lah, kan semua obat kimia memiliki efek samping). Namun sekarang anda tidak usah khawatir, sudah ada obat-obatan herbal yang khusus mengobati penyakit berbahaya seperti Kanker dan Tumor ini.

Salah satu obatnya yaitu ekstra daun bidara, biasanya sudah diolah menjadi kapsul maupun minyak.

Dengan mengkonsumsi ekstra daun bidara secara teratur, akan mencegah bahkan mengobati sel-sel kanker/ tumor yang berada di dalam tubuh. (Ingat, semua kesembuhan datangnya dari Alllah bi idh nillah).

12. Mengobati Depresi

manfaat daun bidara

Ketika kita memiliki masalah, namun belum dapat menyelesaikannya malah ditambah masalah yang semakin banyak, akhibatnya kita merasa tertekan dan hasilnya menjadi depresi. Merasa bahwa kita adalah orang yang paling tersiksa.

Hal itu akan memperngaruhi diri seperti : murung, sering menyendiri, lebih memilih menutup diri dari pada bergabung bersama yang lain, mudah tersinggung, dan masih banyak lagi.

Sebagai yang disebutkan dalam jurnal Ethnopharmacology edisi tahun 2001, bahwa para peneliti memaparkan bahwa daun bidara digunakan sebagai penawar/ terapi depresi.

Oleh karena itu semua hal tersebut dapat diatasi dengan rajin mengkonsumsi teh bidara atau kapsulnya. Teh bidara mampu menghadirkan rasa nyaman dan damai, membuat segala masalah yang ada seakan lenyap seketika, untuk itu saya sarankan agar anda rutin untuk mengkonsumsi minuman ini.

13. Menguatkan Rambut

manfaat daun bidara

Rambut merupakan hal yang tidak bisa lulput dari pandangan kita, terlebih bagi perempuan. Kerena rambut seorang perempuan yang panjang, maka hal itu akan lebih mudah terserang penyakit, entah itu berupa ketombe maupun rambut rontok.

Saat ini sudah ada trobosan baru, yaitu sampo dan kondisioner dari ekstrak daun bidara. Jadi anda tidak perlu repot lagi untuk memetik daun bidara dan menghaluskan ataupun yang lainnya.

Kandungan yang ada dalam setiap zat didalam bidara mampu menguatkan rambut.

14. Mengobati Masalah Ejakulasi Dini

manfaat daun bidara

Taukah anda tentang istilah ejakulasi?

Ejakulasi adalah gangguan yang paling diresahkan khususnya bagi kaum laki-laki. Ejakulasi yaitu keadaan dimana seorang laki-laki mencapai puncak batas maksimal mengeluarkan sperma selepas melakukan hubungan badan dengan sang istri.

Memang saat ini sudah ada obat-obatan yang marak beredar di pasara, namum perlu anda ketahui bahwa obat-obatan tersebut tentunya memiliki efek samping tersendiri. Untuk itu anda harus mulai mencoba dengan produk yang alami/ herbal, karena produk herbal ini tidaklah memiliki efek samping apapun, serta tentunya dapat mengatasi permasalahan tersebut.

15. Sebagai Penambah Nafsu Makan

manfaat daun bidara

Makan merupakan suplai energi terbesar dalam tubuh kita. Sekarang bisa kita bayangkan, jika kita malas untuk makan, dari mana kita bisa mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas.

Disamping itu semua agenda yang sudah direncanakan pasti terkena imbasnya. Dengan menurunnya nafsu makan, hal ini akan memicu gampangnya penyakit masuk.

Terjangkitnya penyakit tidak mengenal usia, entah itu bayi, remaja, maupun orang tua. Selama mereka memiliki imunitas tubuh yang rendah, maka penyakit-pun gampang sekali masuk.

Inilah seberapa pentingnya makan bagi tubuh kita, untuk itu saya menyarankan anda untuk meminum suplemen penambah nafsu makan seperti ekstrak daun bidara.

Penambah nafsu makan bidara ini bisa berupa teh, kapsul, maupun minyak. Dengan mengkonsumsi ini maka insyaallah nafsu makan anda akan mulai tumbuh.

Manfaat Buah Bidara

manfaat daun bidara

Buah bidara tidak bisa kita lupakan begitu saja, pasalnya saya banyak menjumpai orang yang memiliki pohon bidara, kemudian buahnya dibiarkan berjatuhan dan tidak dimanfaatkan.

Padahal buah bidara sendiri selain dapat dimakan langsung, juga sering diperjual belikan. Yang nantinya dapat diolah menjadi minuman.

Bahkan disebagian daerah, buah ini dijadikan sebagai manisan, dan dikeringkan.

Biasanya ketika buah ini hendak dikonsumsi secara langsung, bisa dipadukan dengan garam. Bisa juga dibuat rujak.

Pada umumnya rasa dari buah bidara ini yaitu agak pahit, buah ini mengandung karoten, vitamin A dan C, serta lemak.

Manfaat Kayu dan Kulit Pohon Bidara

manfaat daun bidara

Kayu bidara bermanfaat untuk mengobati masalah pencernaan, sedangkan kulit kayu bidara dijadikan sebagai obat sakit perut, dengan cara ditumbuk halus.

Kulit kayu bidara mengandung tonikum, walaupun tidak terlalu besar, namun disarankan untuk penyakit lambung dan usus.

Kulit akar yang dicampurkan dengan pucuk, pulasari, serta bawang putih, lalu diminum dapat mengobati kencing yang nyeri dan berdarah.

Kayu in juga cocok digunakan sebagai perabotan rumah tangga, bisa juga digunakan sebagai gagang kapak, pisau, pahat, kayu lapis, peti, venir, almari, furnitur dan konstruksi lainnya.

Manfaat Akar Bidara

manfaat daun bidara

Akar pohon bidara dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk meracik obat untuk digunakan sebagai pelancar pencernaan serta sebagai obat luka.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *