Sejuta Manfaat Buah Bit

Dijaman sekarang mayoritas masyarakat kurang memperhatikan kondisi kesehatan diri sendiri. Seperti halnya gaya hidup yang kurang sehat, minimnya konsumsi makanan dan buah buahan yang bergizi menjadi salah satu bibit terjangkitnya penyakit.

Makanan yang sering dikesampingkan seperti buah-buahan. Buah bit misalnya.

Taukah kalian tentang apa itu buah Bit?

Buah yang terkenal dengan ciri berbentuk seperi bawang bombai dan berwarna ungu ini merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki sejuta khasiat. Namun masih banyak dari kita yang tidak menyadari akan besarnya khasiat buah Bit ini.

Padahal buah ini mampu membasmi penyakit-penyakit berbahaya yang bersarang di tubuh kita, seperti halnya kanker, membersihkan ginjal, dan masih banyak lagi.

Tapi sebelum kita masuk lebih dalam mengenai manfaat buah Bit, ada baiknya kita juga mengetahui asal muasal dari buah Bit sendiri.

Sejarah Buah Bit

khasiatbuah bit, manfaat

Berawal dari sebutan Beta Valfarts (Bit) adalah tanaman berbunga yang memiliki derajat yang sama dengan Chenopodiaceae ( Terna atau tumbuhan yang berbatang dengan daun tunggal, duduk secara tersebar, memilikisifat sukulen, tanpa daun penumpu.)

Sebelumnya buah Bit hanya difungsikan pada bagian akarnya saja, hal itu karena akar tersebut memiliki rasa manis. Namun, seiring waktu berjalan dan manusia semakin berkembang dalam pola pikir membuah daging dan daun dari buah Bit dapat dikonsumsi.

Darimana buah Bit berasal?

Bahwa, buah Bit pertamakali dikonsumsi oleh masyarakat di kawasan Afrika selama ribuan tahun silam. Karena dirasa sangat bermanfaat kemudian buah bit menjadi booming, hingga tersebar ke seluruh penjuru dunia terutama Asia dan Eropa.

Tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi, masyarakat Asia maupun Eropa mencoba untuk menanam serta membudidayakan tanaman ini di sekitar pekarangan rumah.

Namun, sekarang sudah banyak perusahaan/ instansi yang menjual buah bit

Mulai abad ke-16 sampai abad ke-19, buah bit difungsikan untuk mendapatkan banyak kegunaan. Misalnya jus daging buahnya digunakan sebagai pewarna makanan. Sementara kandungan gula pada buahnya digunakan sebagai pemanis campuran dalam makanan dan minuman.

Sedangkan sekitar abad ke-19, buah ini mulai digunakan sebagai salah satu campuran bahan untuk mengekstraksi dan memurnikan gula yang terbuat dari tebu.

Buah Bit sendiri tergolong tanaman semusim yang memiliki bentuk rumput. Batang dari buah Bit-pun sangat pendek, hampir tidak terlihat, sedangkan akar tunggangnya tumbuh menjadi umbi.

Berbeda dengan batang, daunnya mampu tumbuh dan berkumpul pada leher akar tunggang (pangkal) dada umbi, dan berwarna keunguan.

Kandungan Buah Bit

manfaat buah bit
ndika.net

Buah Bit mempunyai kandungan yang sangat membatu dalam permasalah hidup kita, apa saja kandungan didalamnya. Simak yang berikut ini :

  1. memiliki kalori = 43 kkal (180 kj) / 2% AKG
  2. Karbohidrat 9,65g / 7% AKG
  3. Air 87,58g
  4. Protein 1,61g /1% AKG
  5. Gula 7,87g
  6. Serat 2,8g /7% AKG
  7. Lemak 0,17 /0,5% AKG
  8. Kalsium
  9. Zat Besi
  10. Magnesium
  11. Manganese
  12. Fosfor
  13. Potassium (Kalium)
  14. Sodium
  15. Seng (Zinc)
  16. Vitamin A
  17. Vitamin C
  18. Vitamin D
  19. Vitamin E
  20. Vitamin K
  21. Vitamin B1 (Thiamine)
  22. Vitamin B2 (Rinoflavin)
  23. Vitamin B3 (Niacin)
  24. Vitamin B5 (Pantothenic acid)
  25. Vitamin B6
  26. Vitamin B9 (Folat)

Manfaat Buah Bit

Setelah melihat beberapa pemaparan diatas, sekarang kita akan masuk dalam pembahasan apa sajakah kegunaan dari buah Bit ini. Berikut khasiatnya :

Buah Bit Mampu Basmi Kanker

manfaat buah bit untuk kanker

Telah kita ketahui bersama bahwa kanker ialah penyakit paling ganas, serta dapat dikatakan sebagai level penyakit tertingi didunia.

Salah satu trobosan untuk menyembuhkan kanker adalah dengan operasi dan jika sudah mencapai tingkat stadium akhir, maka jalan selanjutnya lewat perantara kemoterapi.

Perlu kita ketahui bahwa perkembangan sel kanker dilakukan dengan mebelah diri, jadi ketika sel kanker tidak sepenuhnya terangkat maka besar kemungkinan akan memperbanyak jumlah lagi. Kemudian penyakit kanker akan terus-menerus kambuh.

Intinya ketika kita hendak mengobati kanker, kita harus benar-benar membasminya secara tuntas.

Kebanyakan dari kita, ketika hendak membasmi kanker jalan yang kita pilih yaitu dengan kemoterapi. padahal sudah menjadi rahasia umum, untuk melakukan operasi/ kemoterapi ini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dan juga kemoterapi tidak cukup hanya dilakukan 1 sampai 2 kali saja, melainka harus berkali-kali.

Untuk itu, inilah salah satu manfaat buah bit yang mampu meringankan serta menghancurkan sel kanker. Karena kandungan fitonutien yang memiliki sifat antioksidan sangat mampu untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Maka dari itu, selain buah bit dapat digunakan sebagai pengobatan namun juga bisa dipakai untuk melakukan pencegahan.

~ Cara Membuat Jus Buah Bit Untuk Kanker :

Perlu kita ketahui ya, kalau membuat jus buah bit ini sangatlah gampang. Yang susah itu kalau disuruh membuat buah bit-nya (bercanda). 

Ok, yang pertama dilakukan ketika kita ingin membuat jus sehat ini adalah :

  • 150gr buah Apel Malang segar (biasanya cukup dengan 1 butir aja), lanjutkan dengan mencucinya lalu memotongnya kecil kecil.
  • Lalu buah bit 100gr, (jangan lupa cuci dulu, terus dikupas).
  • Selanjutnya 400gr wortel (kupasj, kemudian bersihkan).
  • Setelah bahan ini siap semua, siapkan blender.
  • Kumpulkan semua bahan diatas didalam blender, kemudian haluskan.

Nah, sekarang jus sehatnya sudah jadi.

Perlu kita tahu bahwa perpaduan antara rasa asam oleh apel, aroma wortel akan menambah rasa yang unik dalam jus buah bit. Sehingga kita tidak akan merasa mual ketika meminumnya.

Manfaat Buah Bit untuk Kecantikan

khasiat buah bit, manfaat buah bit

Siapa sih yang tidak pengen terlihat cantik. Pastinya kecantikan itu dambaan semua wanita ya, (meskipun cantik itu relatif).

Memiliki paras wajah yang cantik alami merupakan idaman kaum hawa. Karena memang cantik itu menjadi sorotan pertama bagi setiap orang.

Untuk itu banyak dari kita berusaha untuk selalu tampil cantik. Usaha yang paling gampang yaitu dengan makeup.

Namun selain memakai makeup, kita dapat tampil cantik dengan rajin mengkonsumsi asupan gizi yang sehat. Ketika tubuh sehat, maka akan terpancar kecantikan yang alami.

Ada beberapa asupan yang dapat menimbulkan kecantikan alami terpancar dari wajah kita. Salah satunya dengan menggunakan buah bit.

Berikut ini beberapa hal yang akan kamu rasakan ketika rajin mengkonsumsi buah bit (terutama dalam hal kecantikan) :

  1. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan yang terdapat dalam buah bit sangatlah baik, oleh karenanya buah bit dapat mencegah dari penuaan dini (awet muda).

Dengan adanya antioksidan ini mampu menetralkan radikal bebas yang singgah didalam tubuh.

Sehingga tidak hanya mencegah penuaan dini, namun juga bisa membantu mencegah kerutan serta garis-garis halus.

  1. Noda Hitam di Wajah Hilang

Buah bit juga kaya akan vitamin C, dengan ini akan berimbas terjaganya kulit dari perubahan warna dan pigmentasi pada wajah.

  1. Mencegah Rambut Rontok

Salah satu penyebab rambut rontok yaitu ketika tidak tercukupinya kalium maupun potasium. Dengan buah bit yang kaya akan potasium akan memperbaiki nutrisi yang hilang, mencegah kerontokan rambut serta dapat meningkatkan masa pertumbuhan rambut.

  1. Melembabkan Kulit

Salah satu cara paling gampang untuk melembabkan kulit lewat buah bit, dengan menjadikannya masker.

Hal itu karena kandungan vitamin C yang ada dalam buah bit. Selain melembabkan, juga bisa memudarkan bekas flek hitam, warna kusam, dan kulit lebih cerah.

  1. Mencegah Jerawat

Wajah menjadi sorotan utama, untuk itu perawatan juga lebih banyak dari bagian tubuh lainnya. Kekayaan vitamin, mineral, zat besi, serta antioksidan dapat meminimalisir minyak berlebih pada kulit dan menutrisi wajah.

Buah bit ini dapat anda jadikan sebagai jus. Atau jika kamu bosan bisa menjadikan masker. Hal ini sama saja untuk melembabkan dan menambah nutrisi bagi kulit wajah.

  1. Bibir Menjadi Merah alamai dan Lembut

Buah bit ini mampu melembabkan dan menjaga kulit bibir kita tetap lembab, sehingga akan terhindar dari flek hitam dan kulit kasar di bibir.

Buah bit ini dapat kita buat menjadi masker, atau jus. Yang nantinya dapat kamu pakai diarea bibir.

Jika kamu sering melakukannya maka bibir yang mulanya terlihat gelap akan berangsur cerah dan lebih lembut.

  1. Menghilangkan Lingkaran Hitam pada Mata

Ketika kita memiliki kebiasaan buruk, kurang tidur, dan itu berlangsung terus menerus dalam waktu yang panjang. Maka akan menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata/ mata bengkak.

Dengan buah bit, kamu bisa membuat jus kemudian rajin mengoleskan ke area kantung mata. Hal ini akan menimbulkan perasaan lega, nyaman, dan tentunya akan menghilangkan bengkak dan flek hitam pada kantung mata, kulit lebih terlihan cerah bercahaya.

Ibu Hamil Harus Konsumsi Buah Bit

Berikut ini beberapa khasiat yang akan kamu rasakan ketika rajin mengkonsumsi buah bit (terutama untuk ibu hamil) :

  1. Mencerdaskan Otak

Kesehatan janin merupakan priorita utama bagi bunda. Untuknya segala asupan nutrisi yang bunda makan tidak hanya untuk dirinya sendiri, melainkan untuk si janin pula.

Maka bunda harus benar-benar memilih nutrisi yang mumpuni karena hal itu akan berpengaruh terhadap pertumbuhan janin dan kecerdasan anak nantinya.

Nutrisi ini terdapat dalam buah bit, kandungan asam folatnya mampu berperan sebagai penunjang perkembangan janin dan meningkatkan kecerdasan.

  1. Meningkatkan Produktifitas Sel Darah Merah

Seorang ibu yang masih mengandung sangat sensitif terserang penyakit anemia, hal ini desebabkan karena yang seharusnya sel darah merah diperuntukan bagi bunda sendiri, harus dibagi bersamaan dengan si buah hati.

Maka dengan mengkonsumsi buah bit akan menjaga sel darah merah senantiasa tercukupi kebutuhannya.

  1. Menguatkan Tulang 

Dengan kandungan fosfor 6,5% dalam buah bit mampu membantu tulang lebih terjaga, sehingga kondisi tubuh lebih sehat.

Hal ini cukup untuk bunda yang sedang mengandung, akan memberikan stamina, kesehatan dan tulang yang kuat.

  1. Manfaat Buah Bit Pertumbuhan Janin

Salah satu cara untuk mendukung pertumbuhan janin agar mampu tumbuh dengan baik dan optimal dapat dilakukan dengan mengkonsumsi jus buah bit.

Hal ini didukung dengan adanya kandungan triptofan di buah bit.

  1. Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Terwujudnya anak yang cerdas, cekatan, trampil, dan sehat dimulai dari pemberian nutrisi yang baik dan tercukupi ketika mengandung.

Terlebih masalah pertumbuhan tulang dan gigi buah hati, hal ini patut untuk menjadi sorotan utama. Dengan kandungan fosfor yang baik, mampu menjaga tulang dan gigi bayi tumbuh dengan baik dan optimal.

Manfaat Buah Bit untuk Mempercepat Kesuburan

Bukan hanya kurma atau madu, buah yang satu ini juga mampu meningkatkan kesuburan anda. Dengan adanya nitrat yang diuban menjadi oksida nitrat akan berfungsi untuk melancaarkan proses peredaran darah ke anggota tubuh.

Begitu pula dengan uterus. Ketika kita rajin untuk konsumsi buah bit secara berkala, sehingga uterus lebih terjaga, maka kesuburan rahim wanita akan meningkat bahkan cenderung tinggi.

Manfaat Buah Bit untuk Mata

Manfaat buah bit untuk mata

Mata merupakan salah satu panca indra yang memiliki peran paling dominan dalam anggota tubuh kita.

Maka dari itu perawatannya harus dengan cara yang berbeda, atau lebih diprioritaskan. Terutama bagi kesehatan si buah hati.

Bunda dapat perperan serta dalam proses menjaga kesehatan mata bayi dengan mengkonsumsi buah bit kedalam makanan sehari-hari.

Karena didalam buah bit mengandung betakaroten yang sangat bermanfaat bagi perkembangan kesehatan mata si buah hati.

Program Diet dengan Buah Bit

Memiliki tubuh yang ideal merupakan impian semua orang, terkhusus bagi kaum hawa. Untuk itu kesehatan, olahraga, serta pola makan harus senantiasa dijaga.

Ketika seseorang memiliki berat badan yang dirasa tidak wajar (gendut) maka dia akan berusaha untuk menurunkan berat badan, selain melakukan olahraga rutin, pola hidup sehat.

Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi buah bit. Dengan sejuta manfaat yang terkandung dalam buah bit seperti, asam folat, serat, zat besi, kaliun, vitamin C, dan banyak yang lainnya.

Dengan ini akan membantu menurunkan berat badan secara cepat, efektif, dan yang paling utama tetap menyehatkan.

Manfaat Buah Bit untuk Pria

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kaum hawa, namun kaum adam juga bisa menikmatinya.

Kegunaan buah bit bagi pria salah satunya berpusat dalam pembahasan (MR. P).

Dalam kesehatan pria, mereka paling takut perihal disfungsi ereksi (lemah sahwat), permasalahan ini menimbulkan efek ketidak puasan terhadap pasangan ketika berereksi.

Namun mayoritas pria yang memiliki gangguan ini sering menggunakan jalan pintas dengan mengkonsumsi obat-obatan/ cairan kimia, dll.

Padahal hal ini tentunya akan menimbulkan efek samping dalam kesehatan. salah satu cara pengganti obat-obatan tersebut yaitu dengan buah bit.

Semua ulasan itu sudah berdasarkan riset dari para pakarnya, seperti :

  • Kandungan nitric oxideSenyawa kimia yang terkandung dalam akar buah bit. Ini akan berguna untuk melancarkan peredaran darah. Saat ereksi berlangsung, darah akan mengalir dengan cepat ke penis sehingga pria dapat melakukan penetrasi. Dan dapat membantu pria mempertahankan aliran darah supaya bertahan lama di area penis.
  • Tekanan darah turun = Ereksi dapat juga dipengaruhi oleh tekanan darah. Semakain tinggi tekanan darah, maka semakin berpengaruh pada ereksi. Untuknya sering kita jumpai, ketika seseorang mengidap penyakit hipertensi mereka tidak mempunyai kapasitas ereksi yang baik.
  • Terdapat cGMP = yaitu bahan aktif yang dapat membuat arteri menjadi relaks dan mempermudah darah mengalir ke penis.

Cara Mengkonsumsi Buah Bit

Dalam proses konsumsi buah bit ternyata ada berbagai varian cara pengolahannya. Mulai dari dibuat roti, selai, salad, dan masih banyak lagi.

Sehingga ketika kamu ingin mengkonsumsi tidak akan merasa bosan, karena memiliki banyak varian masakan. Berikut ini cara mengolah buah bit :

Roti Buah Bit (Burger Bit)

Mayoritas orang ketika mendengar kata burger, maka akan terbayang dengan daging. Namun burger yang satu ini berbeda, yaitu dengan menggunakan bahan buah bit.

Jadi kalian yang tidak suka dengan daging bisa menggunakan salah satu trobosan ini. Dan lagi bisa digunakan untuk mengobari kebosanan dalam mengkonsumsi buah bit.

Langsung saja berikut ini cara membuat roti burger dari buah bit :

  1. Sediakan 1/2 gelas oat gulung
  2. 1 (15 ons) kaleng buncis, tiriskan, dan bilas
  3. 1/2 cangkir daun adas (fleksibel)
  4. 3 sendok makan cuka
  5. 1 bawang kecil (dicincang kasar)
  6. 3 siung bawang putih
  7. 2 buah bit mentah, dikupas dan dicincang kasar (sekitar 2 gelas)
  8. 1 sendok teh (garam)
  9. 1 sendok makan minyak + lebih banyak untuk memasak roti
  10. 1/3 cangkir tepung buncis
  11. 3/4 cangkir yogurt (tanpa campuran apapaun)
  12. 1 jus lemon
  13. 1 cangkir mentimun potong dadu (sekitar 1 mentimun sedang)
  14. 1/4 cangkir adas segar, cincang halus
  15. cincang 1 siung bawang putih

Cara pembuataan :

  • Pertama, masukkan oat gulung, buncis, dan adas segar.
  • Selanjutnya, tambahkan cuka, kemudian blender semua sampai dirasa halus dan tercampur merata
  • Ambil ke dalam mangkuk besar dan sisihkan.
  • lalu, tambahkan bawang putih, dan bit lalu blender sampai halus.
  • Dalam wajan besar, hangatkan minyak di atas api sedang. Tambahkan campuran bit, taburi dengan satu sendok teh garam dan masak selama sekitar 5-7 menit, sampai lunak. Pindahkan ke mangkuk dengan buncis.
  • Tambahkan tepung buncis ke mangkuk dan aduk sampai tercampur rata.
  • Jika campuran tampak terlalu basah, tambahkan lebih banyak tepung (1 sendok makan sekaligus) sampai cukup kering untuk disatukan.
  • Ambil sekitar 1/4 cangkir campuran sekaligus, gunakan tangan Anda untuk membentuk roti individual. Masak menggunkan wajan dengan api sedang selama sekitar 4 menit di setiap sisi.

Jus Bit

Salah satu cara gampang untuk mengkonsumsi buah bit yaitu dengan dibuat jus, karena lebih mudah untuk dilakukan. Berikut cara dan bahan-bahannya :

  1. Buah bit (1 biji)
  2. Air putih (2 gelas)
  3. Es batu (sesuai selera)

Cara Pembuatan :

  1. Cuci buah bit terlebih dahulu, kemudian kupas.
  2. Potong kecil kecil (supaya mudah dihaluskan)
  3. Masukan potongan buah bit ke blender (jangan lupa masukkan juga 2 gelas air putihnya)
  4. Masukkan es (jika diperlukan)
  5. Blender semuanya hingga dirasa lembut.
  6. Jus buah bit siap untuk dinikmati

Es Krim Bit

Bahan yang diperlukan :

  • 2 gelas susu.
  • 4 sdt tepung kanji (tepung jagung).
  • ½ sdt garam kosher.
  • 1 buah jeruk, cukup kulitnya aja.
  • 3 sdm keju mascarpone.
  • ½ cangkur puree bit panggang (resepnya bisa dilihat di atas).
  • 2 sdm biji bunga poppy.
  • 1¼ cangkir heavy cream.
  • 2⁄3 cangkir gula.
  • 2 sdt light corn syrup.

Cara pengolahan :

  1. Dalam mangkuk, aduk bersama 1 ⁄ 4 cangkir susu dan tepung jagung
  2. masukan dan kocok susu, krim, gula, sirup, dan garam kedalam panci.
  3. didihkan dengan api sedang-tinggi. Tambahkan kulit jeruk. Masak selama 4 menit.
  4. Aduk sampai tekstur berubah menjadi kental.
  5. Tempatkan keju kemangkuk dan tuangkan dalam 1⁄4 cangkir campuran susu panas, kocok sampai halus.
  6. Kemudian aduk dalam campuran susu yang tersisa. Tuang campuran ke dalam kantong plastik tutup, dan rendam dalam mangkuk berisi air es sampai dingin.
  7. Haluskan kulit jeruk tuang campuran ke dalam pembuat es krim. Operasikan mesin pembuat es sesuai caranya.
  8. Tambahkan biji poppy kedalam mesin pada menit akhir.
  9. Pindahkan es krim ke wadah penyimpanan dan bekukan.
  10. Setelah beku. Es krim siap disantap.

Bit Saus Pasta

Komposisi :

  • 3 buah bit.
  • ½ bungkus bow tie pasta atau jenis pasta lainnya.
  • Masukan 3 sendok makan bawang putih cincang.
  • 1 buah lemon (cukup diambil bagian parutan kulitnya)
  • ½ cangkir kacang pinus.
  • 1/3 cangkir minyak zaitun.
  • 1 cangkir keju parmesan parut.
  • Garam dan Lada.

Cara Pembuatan :

  1. Rebus bit selama 40 menit atau sampai empuk.
    1. Sembari menunggu buah bit dimasak, rebus juga pasta sampai menurut anda matang.
    2. Ketika bit sudah matang, angkat, dinginkan, lalu kupas kulitnya.
    3. Masukkan bit yang sudah dipotong-potong ke dalam blender.
    4. Masukkan pula semua bahan sisa (namun jangan dimasukkan keju parmesannya) ke dalam blender.
    5. lalu, angkat pasta.
    6. Ketika masih panas, tuangkan hasil blenderan bit ke atas pasta.
    7. Terakhir, taburi keju parmesan dan sajikan.

Salad Buah Bit

Inilah bahan yang mesti kalian siapkan:

  • 1 ikat bit, dipanggang dan dikupas
  • 1 buah alpukat, kupas, buang bijinya dan potong-potong
  • 1/2 cup bawang merah, iris
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 2 sendok makan air perasan lemon
  • Garam dan lada
  • Daun Salad

Cara pengolahan :

  1. Bersihkan dan kupas buah bit
  2. Potong menjadi 4 bagian, kemudian panaskan oven ± 300 C° (supaya nutrisi tetap terjaga)
  3. Lumuri buah bit yang sudah dipotong dengan minyak zaitun
  4. Jangan lupa taburkan garam, dan lada.
  5. Taruh didalam wadah yang sudah dilapisi alumunium foil
  6. Masukkan ke dalam oven (yang tadi sudah dipanaskan).
  7. Keluarkan dari oven jika dirasa sudah matang (bisa dengan menusuk buah menggunakan garpu)
  8. Setelah buah bit dingin, baru kalian kupas kulitnya.
  9. Taruh didalam mangkuk, dan tambahkan mayonice dan lainya.
  10. Salad buah bit siap untuk dimakan.

Cara Membuat Bubur dari Buah Bit

Siapkan bahan berikut :

  • 1 buah bit
  • 1 wortel
  • 1 kentang

Cara pembuatan :

  1. Cuci semua bahan diatas
  2. Kupas wortel dan kentang
  3. Potong menjadi beberapa bagian
  4. Kukus semuanya
  5. Jika dirasa sudah matang, angkat dan tunggu hingga dingin.
  6. Jangan lupa untuk mengupas kulit buah bit.
  7. Semua sudah bersih dari kulitnya, baru masukkan ke dalam blander
  8. Blender hingga semua halus
  9. Tuang kedalam mangkuk.
  10. Bubur buah bit siap untuk buah hati kita.

Bahaya Buah Bit

Disamping buah bit memiliki banyak manfaat, namun dalam konteks kesehatan juga membatasi/ melarang menkonsumsi buah bit terlalu banyak. Untuk itu, berikut ini beberapa resiko/ efek samping mengkonsumsi buah bit dalam dosis tinggi :

Asam Urat

Asam Urat merupakan penyakit dari sisa metabolisme zat urin, yang berlangsung dari proses sisa makanan yang dikonsumsi.

Biasanay ketika seseorang terserang penyakit asam urat, maka persendianya akan terasa seperti ditusuk-tusuk, merah disekitar sendi, puncaknya akan terjadi demam.

Dengan kandungan zat yang ada di buah bit akan memicu terjadinya asam urat, manakala buah ini dikonsumsi dalam kapasitas banyak.

Lambung Terganggu

Ketika kalian memiliki sejarah sakit lambung, maka jangan mengkonsumsi buah ini. Karena dalam kandungan buah bit dapat memicu kram, kembung, diare, sampai muntah.

Tekanan Darah Turun

Apakah kalian memiliki histori penyakit darah rendah?

Kalau iya, maka perlu diperhatikan ketika mengkonsumsi buah bit. Karena buah bit mampu menurunkan tekanan darah dengan siknifikan.

Oleh karenanya, jika kalian ingin menhkonsumsi buah bit hendaknya dipertimbangkan banyak sedikitnya.

Batu Ginjal

Batu Ginjal adalah salah satu penyakit yang tidak bisa dianggap remeh. Hal ini berkesinambungan dengan buah bit.

Kandungan zat berupa oksalat yang ada didalam buah dapat menciptakan batu ginjal. Bukan hanya itu, namun buah bit juga dapat meningkatkan konsentrasi oksalat di urin, sehingga akan memicu terbentuknya batu ginjal kalsium oksalat.

Rusaknya Hati dan Pankreas

Dalam kita mengkonsumsi buah bit haruslah dengan resep/ arahan dokter, karena ketika kita mengkonsumsi buah bit secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang besar.

Seperti kerusakan hati dan pankreas. Jadi ketika kalian memiliki penyakit hemokromatosis (kelainan genetik) hendaknya berhati hati dalam mengkonsumsi buah bit (harus sesuai arahan dokter)

Buah bit ini mampu menyebabkan berlebihnya akumulasi logam di dalam hati, seperti zat besi, tembaga, fostor, dan magnesium.

Perubahan Warna Urin

Untuk afek samping yang satu ini tidak perlu dikhawatirkan, perubahan warna ini terjadi akibat zat beeturia yang ada di buah bit.

Warna urine ini akan berlangsung kurang lebih 2 hari, setelahnya akan perlahan kembali seperti semula.

Gula Darah Meningkat

Haruslah berhati-hati bagi kalian yang memiliki riwayat gula darah, karena kandungan zat glikemik yang dimiliki buah ini mampu meningkatkan gula darah dengan cepat.

Membahayakan Liver

Ketika zat yang terkandung didalam buah bit seperti, fosfor, tembaga, magnesium, dan zat besi menumpuk di liver dalam kapasitas yang berlebih. Maka, akan menyebabkan dampak yang berbahaya.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang beberapa manfaat buah bit dan efek samping buah bit. Meskitpun buah ini memiliki sejuta manfaat, namun kalian tetap harus sesuai arahan doktor jika ingin mengkonsumsinya.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *