+15 Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi | Lengkap

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh. Semangat pagi sahabat sukses, kembali lagi akan saya bagikan sedikit informasi seputar dunia pendidikan, kali ini saya akan membahas tentang contoh teks eksposisi ilustrasi.

Taukah kalian mengenai teks eksposisi ilustrasi…?

Sebelum menjawab pertanyaan diatas saya akan menerangkan sedikit tentang pengertian teks eksposisi sendiri. Teks eksposisi adalah suatu karangan atau paragraf yang didalamnya terdapat informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat.

Namun ada juga yang menjelaskan bahwa Teks Eksposisi adalah peralatan literasi yang digunakan untuk memberikan informasi kepada para penyimak lewat dialog, deskripsi, koran, maupun narasi. Dapan pada umumnya eksposisi sendiri tergolong dalam paragraf yang bersifat ilmiah atau non fiksi.

Sedangkan dalam wikipedia disebutkan bahwa Teks Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat.

Pengertian Teks Eksposisi Ilustrasi

Dalam pengertian teks eksposisi ilustrasi tidak jauh berbeda dengan pengertian teks eksposisi, hanya saja didalam pengertian teks eksposisi ilustrasi dijelaskan dengan lebih spesifik. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pengertiannya berikut ini :

Teks eksposisi ilustrasi adalah suatu paragraf eksposisi yang menyajikan gambaran secara sederhana mengenai sesuatu dengan sesuatu yang lain, serta didalamnya terdapat kemiripan atau kesamaan sifat.

Ciri-Ciri Teks eksposisi Ilustrasi

ciri teks eksposisi ilustrasi
ndika.net

Teks eksposisi ilustrasi juga terdapat beberapa ciri khusus, namun tidaklah banyak layaknya ciri dari teks eksposisi sendiri. Inilah ciri-ciri teks eksposisi ilustrasi :

a) Memiliki gaya tulisan yang bersifat informatik.

b) Memaparkan definisi dan memaparkan langkah-langkah, atau metode dalam melaksanakan suatu tindakan

c) Didalam paragraf eksposisi umumnya bersifat menjawab pertanyaan : siapa, apa, kapan, dimana, Bagaimana, dan mengapa.

Itulah 3 ciri khusus dari teks eksposisi ilustrasi.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Sekarang tibalah kita di pembahasan pokok, yaitu contoh teks eksposisi ilustrasi. Tetapi sahabat sukses sabar dulu, ada sedikit pantun untuk kalian :

Cabe rawit cabe setan
Dimasak menjadi bumbu-bumbu
Bumi terbelah menjadi lautan
Sebesar itu cintaku padamu

Gimana sahabat sukses bagus bukan..!!! he he he…

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 1

“Kebijakan pemerintah seringkali menyusahkan rakyat di kalangan menengah kebawah. seperti, kenaikan harga BBM sangat membuat rakyat merasa gelisah. Kenaikan harga BBm akan membuat harga jasa dan barang menjadi naik, keadaan seperti ini akan menuntut rakyat untuk memutar otak agar dapat memenuhi kebutuhan”.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 2

“Pernahkah anda merasa gugup ketika berbicara maupun tampil didepan banyak orang? Biasanya hal tersebut dinamakan demam panggung. Demam panggung terjadi karena kita tidak terbiasa tampil di depan orang banyak dan selalu merasa bahwa apa yang akan kita sampaikan salah, kemudian akan ditertawakan orang banyak. Ketakutan tersebut justru muncul karena rasa kurang percaya diri yang terus kita pelihara.

Efek yang ditimbulkan demam panggung yaitu badan secara spontan akan merasa lemas ketika hendak melakukan pertunjukan atau berbicara didepan khalayak ramai, detak jantung yang terpompa dengan sangat kencang dan wajah pucat karena takut akan salah. Demam panggung juga akan mengurangi konsentrasi kita, padahal sebelumnya kita sudah melakukan persiapan yang kita anggap paling matang.

Cara efisien untuk mencegahnya adalah dengan membiarkan tubuh setenang mungkin sebelum tampil didepan, tarik nafas dalam-dalam akan melancarkan oksigen masuk ke otak serta dapat menyebabkan otak bekerja dengan baik, sehingga konsentrasi akan terjaga”.

Baca juga (contoh teks eksposisi lengkap | pengertian, struktur, jenis, ciri, contoh, tujuan)

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 3

“Zaman yang sekarang ini, untuk mencari orang yang benar-benar jujur sangatlah sulit, diibaratkan seperti mencari sebuah jarum dalam tumpukan jerami, orang yang sangat jujur sepertinya hanya dapat kita temui hanya dalam waktu keberuntungan saja. Banyak hal yang menyebabkan seseorang tergoda untuk bersikap tidak jujur. Namun seharusnya nilai moral dan agama haruslah dijunjung tinggi, agar kebohongan atau tindakan-tindakan curang dapat dihindari”.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 4

“Diperlukan adanya kerjasama dari berbagai komponen agar sebuah tim sepakbola dapat menjadi tim yang solid, seperti halnya sebuah bangunan yang akan berdiri dengan kokoh jika semua bahan-bahan penyokongnya dapat bersatu padu dengan baik. Maka dari itu, para pemain, pelatih, staf pelatih, manajemen harus ikut andil membantu membentuk satu tim sepakbola yang solid.”

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 5

“Tidak semua bidang yang terdapat di jagat raya ini dapat dikuasai oleh seorang anak, seperti halnya lemari yang tidak dapat menampung semua benda yang ada. Orang tua atau guru sebaiknya mengarahkan anak tersebut untuk menguasai bidang yang dia suka, contoh : jika anak tersebut menyukai bidang menggambar, maka anak sudah seharusnya diarahkan kepada bidang tersebut. Barangkali suatu saat nanti dia akan memperoleh kesuksesan dari kegemarannya tersebut.”

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 6

Banyak cara yang dapat ditempuh untuk menjadikan anak menjadi mandiri, seperti dengan menyuruhnya membereskan kamar tidurnya sendiri, ataupun mencuci dan menyetrika baju sendiri. Sebisa mungkin orang tua mampu membujuk anaknya secara baik-baik supaya dia mau melaksanakan perintahnya.

Memberikan imbalan padanya, agar dia mempunyai motivasi untuk melakukan pekerjaan yang diberikan padanya, semisal dengan memberikan pujian kepada si anak saat berhasil membersihkan kamar ataupun memberikannya pakaian baru sebagai imbalan yang telah dijanjikan.”

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 7

“Ilmu pengetahuan bisa memberikan kita manfaat yang baik, tetapi juga dapat memberikan dampak buruk, seperti sebuah pisau. Jika kita menggunakan pisau untuk hal-hal baik, maka pisau akan mendatangkan manfaat yang baik pula pada orang lain dan diri kita sendiri.

Namun sebaliknya, jika kita mempergunakan pisau tersebut untuk kejahatan, maka pisau itu dapat merugikan diri kita dan orang lain. Hal tersebut berlaku untuk ilmu pengetahuan, jika ilmu tersebut digunakan untuk kebaikan, maka sudah pasti akan mendatangkan manfaat untuk semua orang. Sebaliknya, jika ilmu tersebut digunakan untuk keburukan, maka hal buruk akan menimpa semua orang.

Maka dari itu, gunakanlah ilmu pengetahuan dengan baik supaya kita juga mendapat kebaikan darinya.”

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 8

“Sebuah pohon tidaklah besar dengan sendirinya. Sebelum menjadi pohon yang tinggi nan menjulang, pohon tersebut lebih dulu menjadi sebuah biji yang ditanam di dalam tanah. Biji tersebut kemudian melalui proses yang sangat panjang sebelum menjadi sebuah pohon yang menjulang tinggi, seperti : rajin untuk disiram dan diberi pupuk.

Ilustrasi ini sangat cocok untuk menggambarkan sebuah proses pendidikan yang semestinya. Dimana pendidikan haruslah berorientasi proses seperti halnya ilustrasi pohon diatas. Pendidikan yang berorientasi proses memang sangat memakan waktu yang begitu lama, namun hasil yang akan didapat akan jauh lebih baik dibandingkan hasil yang didapat dari proses pendidikan yang instan.

Maka dari itu, para pendidik juga harus menjadikan proses sebagai orientasi utamanya dalam mendidik peserta didik mereka.”

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 9

“Handphone atau kita sebut dengan Hp adalah benda yang memberikan manfaat kepada manusia, sehingga manusia menjadi lebih mudah dalam melakukan segala hal. Walaupun demikian, Hp semestinya digunakan dengan bijak.

Ilustrasi tersebut menggambarkan bagaimana kita harus dapat mengoptimalkan dalam bekerja, sebagai pengguna HP, kita juga harus memperhatikan stamina yang kita pakai dengan bijak, karena jika kita memakainya dengan melampaui batas kemampuan, maka kita akan mengalami kelelahan dan penyakit gampang menyerang tubuh kita.

Maka dari itu kita sudah seharusnya bijak dalam mengatur stamina tubuh kita saat digunakan untuk bekerja.”

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 10

“Ketika seekor semut menemukan suatu benda, maka seekor semut tersebut akan berusaha memanggil teman-teman yang lain untuk membantunya mengangkat benda tersebut secara bersama-sama. Sehingga benda tersebut dapat dibawanya dengan mudah menuju saranga mereka.

Ini layaknya sebuah kerjasama dalam suatu kelompok, jika suatu kelompok hendak membawa kelompoknya untuk menunjukkan kesuksesan, maka seluruh anggota kelompok harus turut andil dalam membawa kelompok itu menuju tujuan yang ditargetkannya. Karena, tujuan suatu kelompok tidak bisa dicapai dengan satu anggota saja.

Oleh karena itu, kerjasama antar anggota sangatlah penting dalam usaha mencapai tujuan yang sudah ditargetkan.”

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 11

“Ketika terdapat suatu kebaikan yang tidak teratur, maka akan sangat mudah dikalahkan oleh sebuah kejahatan yang terstruktur dan terorganisir. Sama seperti suara bising dari kendaraan para geng motor yang mengalahkan suara seekor burung yang berkicau sangat merdu.

Meski sebenarnya suara dari burung tersebut merdu dan sangat menentramkan jiwa tetapi tidak akan terdengar ditelinga kita, begitu pula dengan kendaraan geng motor ini, meski suaranya sangat mengganggu dan tidak disukai orang, tetap saja terdengar oleh orang-orang disekelilingnya.

Sama seperti keburukan yang dikerjakan secara kolektif dan bersistem, ini akan lebih terasa efeknya dalam skala besar oleh banyak orang, dan tentunya sebuah kejahatan terstruktur akan mengalahkan kebaikan yang dilakukan secara sendirian dan tidak teratur.”

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 12

“Penerapan hukum di negara ini ibarat pisau yang memiliki ketajaman di atas dan di bawah, mata pisau yang berada di bawah dapat mengiris apa saja yang berada di depannya. Begitu pula dengan mata pisau yang diatas, ia akan memotong apa-apa yang diatasnya, begitu pula dengan tangan pemegangnya.

Ini Seperti hukum di Indonesia yang cenderung bersikap tegas terhadap yang lemah, akan tetapi bisa sangat lunak terhadap orang-orang yang bisa membelinya dengan uang. Tidak heran jika para mafia-mafia terkenal berkeliaran dengan status terdakwa yang berat.

Jikalau mereka mendapatkan hukuman vonis, maka sudah dapat diprediksi bahwa hukuman tersebut sangatlah ringan dibanding dengan kejahatan yang mereka lakukan.”

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 13

“Ketika kita mendapatkan sebuah amanah dari orang lain, diibaratkan seperti sedang memegang katana  bermata dua. Jika kita dapat menggunakannya secara benar, maka akan bermanfaat bagi kita dan khalayak umum. Dan sebaliknya, jika kita tidak sanggup mengendalikan maka katana tersebut akan melukai diri kita sendiri bahkan juga dengan orang lain.

Layaknya sebuah jabatan yang dipegang oleh seseorang, ketika dia bijak dalam menggunakan masa kepemimpinannya, maka ia akan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Sebaliknya, jika ia berkuasa dengan keinginan hatinya (egois) maka ia akan merugikan diri sendiri dan orang banyak di sekelilingnya.”

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 14

“Mandi setiap hari, merupakan perumpamaan yang cocok untuk menumbuhkan semangat dan motivasi. Setidaknya pada waktu pagi dan sore hari kita selalu mandi sesudah dan sebelum  melakukan aktivitas yang melelahkan.

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari kita perlu adanya dorongan atau motivasi agar aktivitas kita selalu dipenuhi dengan semangat dan rasa optimisme, ketika diri ini merasa sangat lemah dan putus asa, maka motivasi sangat diperlukan untuk menyiram jiwa kita agar terbangun kembali.

Maka dari itu, ketika terdapat sebuah celotehan yang mengatakan bahwa sebenarnya motivasi itu tidaklah penting, maka anda layaknya tidak lagi membutuhkan mandi ketika anda sudah seharian melakukan aktivitas yang melelahkan.”

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi 15

“Dalam suatu hubungan persaudaraan tentunya memiliki ikatan yang kuat. Begitu pula dengan seluruh tubuh yang akan merasakan sakit jika ada salah satu organ yang terkena sakit. Begitu pula dengan ikatan keluarga, ketika ada salah seorang dari keluarga tersebut menderita sakit, maka anggota keluarga yang lainnya juga merasakan sakit. Karena hubungan persaudaraan mereka yang sangat kuat.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa persaudaraan yang kuat akan mengalahkan perkumpulan atau komunitas apapun di dunia ini, karena keluarga adalah suatu kesatuan utuh yang sulit dipisahkan.

Demikianlah sedikit informasi mengenai contoh teks eksposisi ilustrasi, semoga ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya. Jika anda ingin membaca informasi terkait dapat anda kunjungi di www.ndika.net

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *