6 Ide Bisnis Tanpa Modal yang Mudah Dicoba

Harus dapat diakui bahwa memang modal menjadi salah satu kendala terbesar mereka-mereka yang ingin mulai untuk berbisnis. Jika mendengar soal bisnis tanpa modal, seolah itu adalah sebuah hal yang tidak mungkin. Padahal, sejatinya memulai bisnis tanpa adanya modal itu adalah sangat mungkin untuk dilakukan.

Bisnis tanpa modal adalah pilihan terbaik untuk yang ingin memulai bisnis tapi tidak punya dana yang cukup untuk membangun bisnisnya. Bisnis tanpa modal juga bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pemasukan sampingan ditengah kesibukan yang lain, baik itu bekerja atau kuliah.

Lantas, bisnis apa yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan modal ataupun hanya mengeluarkan modal minim? Ada cukup banyak, berikut ini 6 ide bisnis tanpa modal yang mudah untuk dicoba:

Dropship

bisnis tanpa modal, dropshipper handal
ndika.net

Ide bisnis tanpa modal pertama yang bisa dicoba adalah dropship. Ini merupakan sistem atau pola bisnis yang sangat populer, terlebih sejak belanja online menjadi sebuah aktivitas yang semakin digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sistem dropship ini adalah kita sebagai seller bertugas untuk memasarkan atau menjual produk dari supplier. Jadi, kita bisa juga disebut sebagai marketer dalam bisnis ini.

Singkatnya kita bekerja sama dengan supplier untuk mengenali produk-produk yang mereka punya. Dalam sistem online, bisnis dropship ini bisa dengan cara kita mempromosikan produk melalui gambar atau video dan sejenisnya.

Produk yang kita pasarkan dapat kita jual dengan harga lebih tinggi dari supplier sebagai laba atupun bisa juga supplier yang memberikan harga lebih murah, tergantung seperti apa kesepakatan antara seller atau marketer dengan si supplier.

Bisnis seperti ini tidak mengharuskan Anda untuk punya modal besar. Hanya saja disini yang diandalkan adalah teknik marketing untuk menarik lebih banyak minat konsumen. Cocok buat kamu calon daftar reseller yang sangat menguntungkan.

Reseller

bisnis tanpa modal, reseller handal
ndika.net

Sedikit mirip dengan dropship, reseller juga salah satu ide terbaik untuk memulai bisnis tanpa modal. Reseller tak lain adalah sistem berbisnis dengan menjual kembali sebuah produk yang dilakukan oleh penjual setelah penjual membelinya dari produsen dan umumnya reseller akan mendapatkan harga lebih murah dari supplier.

Menjadi reseller bisa dilakukan dalam bisnis online maupun offline. Untuk bisnis online sendiri, Anda dapat memulai dengan membuat toko online dari sosial media, seperti Instagram, Facebook, ataupun aplikasi chatting WhatsApp maupun yang lainnya. Hanya butuh kuota internet untuk membangun toko online Anda.

Selanjutnya Anda dapat bernegosiasi dengan supplier untuk mendapatkan harga paling terjangkau dan kemudian menjual kembali. Selisih harga dari supplier dengan harga jual yang Anda pasarkan adalah laba yang bisa Anda kantongi. Oleh karenanya tidak sedikit orang yang ingin mendaftar reseller dari berbagai macam produk.

Kemudian untuk offline, contohnya Anda bisa menjual kembali kue buatan orang lain. Kalau dalam hal ini bisa dengan cara menyiapkan gerobak sederhana ataupun cukup dengan meha saja.

Ide bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller kue ini cukup diminati banyak orang karena umumnya pembuat kue mau menaruh kue buatannya pada si reseller untuk dijual dan jika tidak habis, kue dapat kembali lagi ke si pembuat kue.

Jadi, disini Anda sebagai reseller/ calon pendaftar reseller tidak dirugikan sama sekali, justru untungnya bisa besar.

Penulis Lepas

bisnis tanpa modal, publisher
ndika.net

Penulis lepas juga menjadi salah satu ide bisnis tanpa modal yang bisa dikerjakan dengan mudah dimana saja dan kapan saja karena sistem bisnisnya secara online. Bisnis ini adalah pilihan yang tepat kalau Anda di rumah sudah memiliki laptop ataupun komputer.

Hanya dengan berbekal laptop dan ditambah dengan koneksi internet yang bisa didapat dari tethering hotspot dari smartphone Anda, bisnis yang satu ini sudah dapat dilakukan.

Anda dapat melakukan penawaran bisnis pada seorang yang memiliki website. Kemudian tinggal menjual tulisan Anda pada si pemilik website sesuai dengan konten yang diharapkannya. Jangan lupa, profesionalitas harus tetap dijunjung tinggi dalam hal ini.

Karena tentu pemilik website ingin isi content bukan hasil dari copy paste atau plagiat. Mengingat bisnis ini masuk dalam bisnis online, maka umumnya hasil penjualan artikel akan ditransfer melalui rekening.

Jasa Foto

bisnis tanpa modal

Jasa foto juga bisa dijadikan salah satu ide untuk memulai bisnis tanpa modal. Terlebih bagi Anda yang sudah memiliki kamera, bisnis yang satu ini adalah ide yang sangat bagus untuk dilakukan. Alternatifnya juga bisa dengan kamera smartphone. Seperti yang diketahui sekarang ini sudah banyak sekali smartphone yang dibekali dengan kamera beresolusi tinggi.

Sistem bisnis tanpa modal dengan menjual jasa foto ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Anda bisa memulai dengan membuka jasa foto makanan untuk bisnis orang lain. Dalam bisnis seperti makanan, foto yang menarik adalah salah satu pendukung besar dalam langkah pemasaran.

Disitu Anda dapat menawarkan bisnis Anda dengan memfoto produk-produk makanan dari clien Anda secara profesional untuk mendapatkan hasil foto terbaik.

Setelah itu hasil foto bisa hanya cukup diberikan pada clien berupa soft file saja dan dari situ Anda dapat menentukan harga yang harus dibayar oleh clien.

Anda tak butuh mengeluarkan biaya untuk bisnis yang satu ini. Sehingga, bisa dijadikan sebagai salah satu bisnis tanpa modal yang patut untuk dicoba. Jasa foto untuk sistem yang seperti disebutkan diatas dapat dikerjakan secara online maupun offline.

Jasa Desain

bisnis tanpa modal, desain grafis

Masih berkaitan dengan bisnis jasa, masih ada lagi ide lainnya bisnis tanpa modal yang bisa dicoba dengan mudah. Ya, jasa desain adalah jawabannya. Bisnis yang satu ini bisa dipilih oleh para mahasiswa yang sedang berkuliah jurusan desain untuk dapat jadi sumber penghasilan mereka.

Hanya berbekal laptop dan modal yang perlu disiapkan cukup keterampilan mendesain. Anda yang punya keterampilan di bidang desain grafis harus dapat memanfaatkannya untuk bisa menjadi sumber pemasukan dan bisnis jasa desain adalah ide yang bisa dicoba.

Sistem bisnis jasa desain bisa dimulai secara online dengan mudah. Manfaatkan sosial media sebagai tempat untuk promosi bahwa Anda membuka jasa desain. Kemudian hasil desain dapat dikirimkan kepada clien berupa soft file melalui email ataupun sosial media yang lainnya. Tidak butuh modal besar, bisnis Anda sudah bisa berjalan.

Agen Properti atau Agen Asuransi

bisnis tanpa modal, jasa properti

Bisnis tanpa modal berupa menjadi penyedia jasa property ataupun agen asuransi sama-sama hanya membutuhkan pengetahuan tentang property atau tentang asuransi dan juga hanya membutuhkan kemampuan marketing. Sistem bisnisnya tidak jauh berbeda. Menjadi agen property bisa dimulai dari yang paling sederhana adalah dengan memasarkan property milik orang-orang terdekat.

Anda bisa mengumpulkan orang-orang terdekat Anda, baik saudara, sahabat maupun teman-teman Anda. Tanyakan pada mereka apakah ada rumah ataupun property lainnya yang sedang ingin mereka jual.

Kemudian berperanlah untuk menjadi agen atau makelar untuk membantu memasarkan property tersebut ke teman-teman Anda yang lainnya. Tidak butuh modal besar, hanya mungkin perlu kendaraan saja untuk mengunjungi para calon pembeli. Untuk membantu menjangkau lebih luas calon pembeli, memasarkan property juga bisa dilakukan secara online.

Itulah beberapa ide bisnis tanpa modal yang bisa dimulai dengan cara sangat mudah. Sekarang kembali kepada Anda, karena berbisnis itu membutuhkan keberanian dan juga tekad kuat. Semua bisnis besar dimulai dari langkah-langkah kecil di awal.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *